Dunia digital marketing saat ini tidak seperti 2008 yang om rasakan, jaman now karir di industri ini sangat menjanjikan tengok saja website job seeker semacam jobstreet atau jobdb, rata-rata tiap hari ada lowongan digital marketing, baik dari SEO, SEM, hingga SMM. Levelnya pun berbeda-beda mulai dari junior hingga head of atau sekelas director dan tak kalah menariknya sallary cukup tinggi dibanding industri mainstream (ie:banking, jurnalis konvensional, retail) plus kualifikasinya tidak seketat industri tersebut, karena bisa saja seorang lulusan SMA menjadi head of digital marketing (bukan mendiskreditkan SMA ya please ambil positifnya aja). Kenapa? karena dalam dunia digital sangat mudah diukur dibanding industri lainnya sehingga cukup memberikan hasil kerja/capaian pada cv dan di cek deh kebenarannya dan sebenarnya SEO SEM SMM belum ada program studi khusus di perguruan tinggi. Seraca apabila ada mereka harus update silabus secara cepat.. dan dosenpun tak akan betah melihat earning muridnya yang lebih tinggi dibanding dia hehe..

Kopdar di IPD besama om Rakean, Agan Khalid, Om Ped dan yang tidak bisa disebutkan satu persatu

Jadi inget ketika kopi darat (ketahuan umur om) ada seorang lulusan SD (jaga warnet) dapat membeli rumah dari hasil adsense, toko online atau bahkan membuat sebuah brand. banyak juga anak kuliahan yang sudah menjadi orang.. ya gak usah jauh-jauh waktu itu temen Om sendiri berhasil menjual sebuah website melalui Flippa seharga 250jt dan langsung dibelikan kendaran roda 4nya.. MasyaAllah.. ok kali ini cerita dimulai ya, 2008an om memulai Dunia digital marketing pada jaman ppc! ya PPC wkwkw Om Rasa hampir 80% populasi IM jaman old kejebak era tersebut, apalagi kalo gak Neonbux, klikbucks cpc (udah lupa maaf kalo typo) dimana pas mau payout ternyata scam.. padahal udah upgrade member supaya dapat rate ppc lebih tinggi wkwkwkw.

Era microworks, saat itu Om mendapatkan earning berdasarkan task yang dikerjakan, misal mencocokan data, kalo gak salah crowdcrowd, yang om bisa dapatin $60 dalam 3 jam, bayangin aja mana ada kerja cuma 3jam dapat segitu pas kuliah.. namun berhubung kurang ahli cari data maka akun om berujung banned. hehe gpp udah bisa jajan..

Suhu Agan Khalid, hebat, disaat orang sibuk Adsenses yang saturated dia sudah bekecimpung di FB Ads

Era Adsense, selepas terbitnya undang undang dasar Adsense bahasa Indonesia sekitar 2010an semua internet marketing rata-rata telah menghasilkan earning yang sangat menggiurkan, sempat bertemu mastah di FX Senayan yang bisa menghasilkan 10k USD perbulan hanya melalui blogspot dimana mudalnya cuma nulis! kaga coding kaga sewa hosting wkwkw, disaat yang bersamaan juga sedang gurih-gurihnya affiliate amazon, clickbank, dengan teknik dari white hingga blackhat bertebaran di adsense ID. mulai dari Auto Generated Content (jevuska the legend) hingga coockie stuffing mizon yang sampai 90 hari.. bayangin aja om bisa dapet sales $1500 dari 1 web dalam waktu singkat pada saat itu dengan agc plus cookie stuffing mizon dengan membeli template om Mohan << pasti kenal ya. lumayan dari sini bisa kebeli DSLR Nikon D3100 ama jajan-jajan bakso segerobak

Era Online Store, jangan dikira e-commerce/online marketplace saat ini ya!. jaman old online store sangat konvensional, pembayaran manual transfer bank, cek konfirmasi manual, resi belum online/lambat,  trust sangat sulit, (testi banget dah gan) customer relationship sangat melelahkan seperti tidak memiliki waktu istirahat. Rekber-rekberan yang resiko bisnisnya sangat rentan ditipu dari berbagai pihak. waktu itu om membuka online store Pickgitar.com mulai dari develop web, tulis content, seo on dan off page, stock barang (import) customer relationship, packing barang hingga kirim barang ke ekspedisi wkwkwk. kebayang gak capenya hueheueh  tapi kebayar dengan profit. apalagi era tersebut dapet sales dari ebay, modal 800k bisa dapat 6jtaan kurs pada saat itu. hehehe.. dan banyak ilmu yang didapat mulai dari Cpanel, Registrar, WordPress, Supply Chain Management, Customer Relationship, Sales letter (thanks om Mame), tapi harga tersebut dibayar dengan mahal karena u now lah harga hosting dan domain buat anak kuliahan. Dijamin pada masa itu anak IT gak ada yg bisa seberani anak Internet Marketing untuk spending duit untuk belajar hal tersebut

Era Makelar online.. wkwk Domaining, disini saya memulai belajar branding, thanks keywords planner (dulu namanya keywords external tools) modal 2 dollar bisa dapat 200 dollar dll cuma sayang ini bisnis hanya simpen simpenan aja… disini juga saya belajar e-mail marketing untuk menawarkan domain kepada calon pelanggan. dulu belajar di pasardomain lalu main di flippa dll. Hari demi hari menjadi bosan, Om Arif ingin memberikan sesuatu yang lebih bergegaslah om Arif melamar pekerjaan, bolak balik interview, dari mulai gugup aka grogi hingga biasa aja karena sering ditolak wkwkw. Hingga akhirnya diterima di sebuah NGO walaupun waktu itu sempet galau karena udah tembus ke tahapan final end user disebuah e-news ternama di daerah buncit.

Qadarallah, di NGO ini Om Arif banyak mendapatkan ilmu dan kesempatan eksperimen yang luar biasa!. ini juga cikal bakal mengapa Om menulis kembali di blog. mulai dari traning SEO, Adwords hingga Facebook, baik dari Juragan Forum (Mas J), Suhu Eka Bagus, Suhu Reza Yazdi (Google Adwords dan IM), Suhu Ilham Taufiq pada IM for Suriah, Rifqi Edrus (IM3) dan Ryan Bachin semoga suhu-suhu semua diberi kesehatan dan kelancaran. Bahkan bisa datang ke kantor google Indonesia dan Microsoft Indonesia.. yang rasanya pengen ngedrop cv disana dan belum tentu juga keterima kwwkwwkwk.  Techsoup dan KitaBisa yang luarbiasa membantu NGO dan pelajarannya sehingga saya bisa melakukan eksperimen dari yg gratisan hingga bisa taft di yg berbayar.

 

Show must go on, saya ingin bekerja di sektor e-commerce yang benar benar penuh tantangan dan rintangan.. hingga akhirnya membuat brand sendiri yang dapat menjamin saya di hari pensiun.. aamiin.

0 comments

Leave a reply